WEBINAR HARI RADIO NASIONAL

Jakarta, 23 September 2022 - Era digital saat ini menghasilkan berbagai macam teknologi komunikasi seperti media massa yang digunakan banyak orang guna mendapatkan informasi, hiburan, dan tempat berinteraksi. Salah satu media massa nya yaitu radio. Radio merupakan media untuk menyampaikan pesan (berita, informasi dan hiburan) bagi khalayak umum. Radio telah menjalani proses perkembangan yang cukup lama sebelum menjadi media massa seperti sekarang ini. Terutama di tengah gempuran digital. Radio harus dapat menjaga eksistensinya agar tidak kehilangan para pendengarnya. Maka dari itu, untuk memperingati Hari Radio Nasional pada tanggal 11 September, FisiHIGH berkolaborasi dengan Uki Voice Radio dalam pelaksanaan webinar nasional dengan topik Meniti Karir Menjadi Penyiar Radio Profesional di Era Transformasi Digital.

Webinar tersebut menghadirkan 2 narasumber handal dibidang Radio yaitu Belina Hutasoit sebagai Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Consultant & Public Speaking Trainer serta Jan Calvin Pindo sebagai General Manager RPK FM 96.30 kemudian dimoderatori oleh Abdiel Laia sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2021. Webinar ini diadakan untuk membangun minat generasi muda di radio dan mampu menghasilkan generasi yang dapat meningkatkan kualitas radio di era digital. 

Dalam pemaparan materi webinar, pembicara pertama yaitu Belina Hutasoit menyampaikan tentang Kiat-kiat dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Menjadi Seorang Penyiar Radio Profesional. Seorang penyiar harus memiliki wawasan yang luas, haus akan ilmu dan pengetahuan serta rajin membaca. Penyiar harus memiliki sense of music yang tinggi sebab, penyiar tidak hanya memutar musik namun mampu mengetahui jenis musik dan alat musik yang digunakan. Kemudian, sense of humor dimana seorang penyiar harus punya humor yang asik untuk menghibur para pendengar. Tak hanya itu menjadi penyiar yang profesional haruslah memperbanyak latihan. Latihan yang dimaksud seperti latihan berbicara, ekspresi, gesture, penekanan, dan infleksi. 

Berbeda dengan pembicara kedua, Jan Calvin Pindo menjelaskan bagaimana seorang penyiar mampu mengartikan hal yang mereka lakukan sebagai sebuah profesi atau passion? Menurut data Nielsen, jumlah pendengar radio sejak 2017 naik secara konsisten. Karena, semua produsen mobil menyertakan radio disetiap mobil yang mereka keluarkan serta produsen handphone juga menyertakan aplikasi radio di aplikasi bawaan. Beberapa dekade sebelumnya pengunaan radio penuh dan meningkat, hal ini menunjukkan masih banyak orang yang membutuhkan radio. 

"Untuk menjadi seorang penyiar, ada standar dan proses yang harus dijalankan dalam mencapainya. Penyiar bukan hanya tentang profesi dan dibayar namun passion sebagai penyiar juga perlu. Untuk melakukan seluruh pekerjaan passionetly termasuk sebagai penyiar juga termasuk dalam keberhasilan seorang penyiar." Ucap Jan Calvin Pindo. 

Proses webinar ini berjalan lancar terutama terdapat keaktifan para peserta yang memberikan pertanyaan kepada para pembicara sehingga webinar berjalan secara aktif, menyenangkan dan banyak pengetahuan yang bisa didapat. Maka dari itu, diperlukan semangat generasi muda seperti ini agar radio tetap bertahan dan beradptasi seiring banyaknya inovasi di perkembangan zaman ini. 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN